FOTO: Ini Baru yang Dinamakan Adu Domba

Trubus.id -- Adu domba yang satu ini bukanlah sebuah istilah peribahasa, maupun sebuah judul lagu karya Rhoma Irama. Adu domba yang satu ini merupakan gelaran kontes domba yang rutin diadakan para peternak domba secara turun-temurun.

Kontes domba sudah menjadi tradisi para peternak domba garut, terutama di tanah pasundan, sebagai sarana silaturahmi antarpeternak domba. Biasanya, kontes domba garut itu terdiri dari dua kategori yaitu adu kuat dan adu cakep.

Adu kuat domba mungkin diibaratkan olahraga tinju. Dua ekor domba diadu untuk saling memukul hingga salah satu dinyatakan menyerah. 

Setiap domba akan ditimbang dan masuk ke kelas yang dilombakan. Untuk domba lebih dari 75 kg masuk dalam Kelas A, domba berbobot 65-75 kg akan masuk ke Kelas B, sedangkan Kelas C diperuntukkan domba yang bobotnya kurang dari 65 kg. 

Berbeda dengan Adu Cakep yang mengutamakan penilaian terhadap penampilan domba. Biasaya yang dilombakan ada beberapa macam, misalnya, Raja Petet, Raja Kasep, Raja Pedaging, dan Ratu Bibit.

Sabtu (23/09/17), ratusan domba berkumpul di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Domba-domba itu mengikuti Silatnas Domba dan Kambing indonesia 2017 yang merupakan bagian Jambore Peternakan Nasional 2017. Nah trubus mania, keseruan suasana saat kontes domba dapat dilihat melalui foto-foto berikut ini. [RS/SN]


Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

25%

Bahagia

10%

Terinspirasi

10%

Bangga

10%

Sedih

15%

Kaget

10%

Takut

5%

Marah

15%



KOMENTAR ANDA