FOTO: Kelompok Tani Kanal Timur, Sulap Lahan BKT jadi Kebun Sayur

TrubusPhoto
By M. Iman P Perkasa | Followers 0
12 Sep 2019   20:41

Petani binaan Sudin KPKP Jakarta Timur memanfaatkan lahan di BKT sebagai kebun sayuran. (TRUBUS/M. Iman P Perkasa)

Hamparan tanaman sayur yang hijau terlihat menghiasi bantaran Banjir Kanal Timur yang melintasi wilayah Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Tak hanya sayuran, buah-buahan seperti tomat, labu dan pepaya juga nampak menghiasi lahan tersebut. Pemandangan ini sangat jarang dijumpai di wilayah Ibu Kota yang sudah minim lahan pertanian. Namun berkat kegigihan Sudin KPKP Jakarta Timur, lahan tersebut kini diberdayakan hingga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi warga sekitar.

Adalah Yatno Gondrong, sosok yang ada di balik suburnya kebun sayuran itu. Yatno lah petugas PPSU Keluraha Malaka Sari yang diberi tugas oleh Sudin KPKP Jakarta Timur untuk mengelola lahan tersebut menjadi lahan pertanian. Dengan bantuan bibit, pupuk serta alat mesin pertanian dari Sudin KPKP Jakarta Timur, Yatno dan warga mengarap lahan tersebut hingga kini. Bahkan dalam jangka waktu dekat ini, Sudin KPKP Jakarta Timur akan menyalurkan kembali 5000 bibit cabai untuk ditanami di sepanjang BKT serta menambahkan orang untuk mengelola kebun cabai tersebut.

Namun demikian Yatno mengatakan, di musim kemarau seperti saat ini banyak kendala yang mendera. Masalah pengairan salah satunya. pasalnya, mesim pompa air yang selama ini membantu para petani kini rusak sehingga tidak bisa dipakai bekerja. Pun demikian, mereka tak menyerah. Kebutuhan sayuran di 5 pasar yang berada di sekitar wilayah tersebut harus terus dipenuhi. Karena dengan uang hasil penjualan yang disisihkan untuk uang kas, sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan kebun itu sendiri. 

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: