FOTO: Yatno Gondrong, Grafting Anggur dengan Manfaatkan Madu Sebagai ZPT

TrubusPhoto
By M. Iman P Perkasa | Followers 0
17 Sep 2019   18:08

Pohon anggur di Kebun Imut Si Nakal yang sudah berbuah. (TRUBUS/M. Iman P Perkasa)

Dengan memanfaatkan lahan seluas 800 meter persegi, Yatno Gondrong mengembangkan berbagai jenis anggur impor. Di lahan yang dahulunya adalah tempat pembuangan sampah warga di lingkungan Rt 06/09, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, petugas PPSU Malaka Sari ini kini telah tersedia 60 jenis bibit anggur impor.

Oleh pihak kelurahan, kebun anggur itu diberi nama Kebun Imut Si Nakal. (Sigap Niat dan Berakal). Yatno sendiri baru menyulap lahan itu jadi kebun anggur selama 7 bulan terakhir. Sebelumnya, lahan itu adalah lahan kebun sayur ibu-ibu PKK Kelurahan Malaka Sari. Namun karena kebun sayur tersebut dipindah ke bantaran Banjir Kanal Timur, Yatno tergerak untuk memanfaatkannya sebagai kebun anggur.

Nama Yatno sendiri mulai melambung ketika ia berhasil melakukan inovasi dalam teknik budidaya anggurnya. Yah, berkat inovasi pemanfaatan madu sebagai Zat Perangsang Tanaman (ZPT) pada bibit anggur hasil graftingnya, Yatno berhasil menjuarai Temu Karya tingkat Provinsi DKI Jakarta belum lama ini. Nantinya, petani binaan Sudin KPKP Jakarta Timur ini akan mewakili DKI Jakarta di ajang Temu Karya tingkat Nasionalyang akan digelar di Padang tahun 2020 mendatang. 

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: