FOTO: Berkebun Sayuran Tanpa Zat Kimia di Agatho Organic Farm

TrubusPhoto
By M. Iman P Perkasa | Followers 0
11 Sep 2019   20:53

Lokasi pembibitan di Agatho Organic Farm. (TRUBUS/M. Iman P Perkasa)

Pertanian organic adalah sistem budidaya pertanian yang menggunakan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis. Dengan pemanfaatan zat-zat alami, hasil yang didapat dari pertanian sistem ini tentunya lebih sehat bagi tubuh manusiayang mengonsumsinya. Agatho Organic Farm adalah salah satu perkebunan yang membudidayakan beberapa jenis sayuran dengan sistem organik ini. Terletak di Kelurahan Tugu Selalatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Agatho Organic Farm memenuhi kebutuhan sayuran organik pelanggannya di lahan seluas 12 hektare. 

Adapun beberapa jenis sayuran yang dikembangkan di lokasi ini di antaranya adalah bayam, kangkung, tomat, brokoli dan masih banyak produk sayuran lainnya. Hasil produksi farm ini sendiri kini sudah memenuhi pasar sayuran di sejumlah wilayah di Jabodetabek. Untuk menjaga sayuran mereka terjaga kualitasnya, Agatho Organic Farm hanya menggunakan pupuk kompos dan pupuk kandang. Semua bahan penyubur tanaman itu sendiri diproduksisendiri dalam jangkawaktu 3 bulan. Selain menyehatkan, sayuran organik di farm ini juga memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi karena terjamin bebas dari zat kimia.

Peminat di pasaran sekarang mangkin meningkat walaupun harga hasil organic lebih mahal tapi di balik itu manfaatnya lebih sehat dari yang nonorganic, namun resiko menggunakan organic lebih tinggi untuk gagal panen dari persentase hanya 40 hingga 50 persen untuk berhasil penen, karna resiko terkena hama lebih tinggi.

“Permintaan hasil teknik organic setiap tahunnya naik 18 persen di pasaran,” terang Andreas saat di jumpai Trubus.id, belum lama ini (6/9).

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: