FOTO: Panen Maksimal dengan Metode NFT di My Best Plants Hidroponik Farm

TrubusPhoto
M. Iman P Perkasa
04 Sep 2019   08:15 WIB

FOTO: Panen Maksimal dengan Metode NFT di My Best Plants Hidroponik Farm

Menanam kangkung dengan sistem hidroponik NFT. (TRUBUS/M. Iman P Perkasa)

Sistem pertanian hidroponik memiliki banyak kelebihan. Selain tak membutuhkan lahan luas, tanaman yang dikembangkan dengan sistem hidroponik juga menghasilkan panen yang melimpah. Hal itulah yang dirasakan Fahril. Pemilik My Best Plants Hidroponiks Farm ini mengatakan, sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) yang ia terapkan di lahan hidroponik miliknya di Kp. Karang Tengah, Desa Bojongkaso, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor memberi hasil maksimal.

Pemuda 26 tahun ini juga mengatakan, biaya perawatan tanaman juga lebih murah. “Biaya Perawatan lebih murah, lebih mudah dan cukup simple tidak ribet, harga jual lebih mahal 2 atau 3 kali lipat dari harga sayuran pada umumnya,” terang Fahril saat di jumpai Trubus.id dikebunnya, Selasa (3/9).

Awalnya Fahril membuka farm dengan 60 paralon denngan 1.500 lubang tanam. Namun karena permintaan sayuran hidroponik semakin meningkat, kini ia memiliki 260 paralon hidroponik dengan lubang tanam sebanyak 6.500 buah. Dengan penambahan instalasitersebut, omset Fahril melonjak. Kini ia bisa mengantungi keuntungan hingga Rp5 juta per bulan. Fahril sendiri biasa menjual hasil kebunnya pada warga sekitar, kios-kios sayur dan beberapa restoran kecil dan supermarket. Fahril sendiri berencana akan terus mengembangkan kebun hiidroponik miliknya karena pasar semakin terbuka lebar.

  0


500 Karakter

Foto Terkait

FOTO : Eksotime Telaga Saat Yang Tersembunyi

FOTO : Eksotime Telaga Saat Yang Tersembunyi

  02 Jan 2018 15:00 WIB WIB
Bagikan:          
FOTO : Indahnya Hamparan Kebun Teh Puncak Bogor
Bagikan:          
FOTO : Penampakan Fenomena Super Blue Blood Moon
Bagikan:          
FOTO: Keelokan Jembatan Gantung di Kaki Gunung Gede Pangrango
Bagikan: