FOTO: Melestarikan Burung Jalak Bali yang Langka dari Kandang Penangkaran

TrubusPhoto
M. Iman P Perkasa
28 Agu 2019   21:15 WIB

FOTO: Melestarikan Burung Jalak Bali yang Langka dari Kandang Penangkaran

Dalam penangkaran, semua kebutuhan disediakan, termasuk tempat untuk mandi burung. (TRUBUS/M. Iman P Perkasa)

Salah satu kunci untuk menyelamatkan satwa yang mulai langka adalah dengan cara mengembangbiakkannya di kandang penangkaran. Hal yang sama juga dilakukan pada spesies burung jalak khas Indonesia, Jalak Bali. Adalah Sukardi, salah satu penangkar burung yang masih setia menjaga kelestarian burung ini.

Di penangkaran Kere Ayem Bird Farm miliknya yang berada di kawasan Perumahan Griya Kenari Blok A14, Jalan Walet 4, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Sukardi mengembangbiakkan puluhan pasang burung Jalak Bali. Sukardi sendiri sudah mengantungi izin dari Balai Koservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk usahanya ini. Dengan surat izin tersebut, ia bisa menernak burung langka itu sekaligus menjual anakan burung jalak Bali hasil tangkarannya. 

Sukardi sendiri bukan pemain baru yang berusaha melestarikan burung jalak Bali. Ia mulai menangkarkan burung indah dengan ciri khas jambul biru ini sejak tahun 2003 silam. Hingga saat ini, dia sudah mempunyai 100 ekor lebih burung jalak Bali. Peminat burung ini juga cukup banyak. Sebagian besar permintaan datang dari luar jawa dan yang paling besar dari Kalimantan.

Sukardi menuturkan, untuk menangkar burung jalak Bali tidak lah sulit. Yang dibutuhkan hanyalah menjaga kebersihan kandang pemberian pakan yang teratur. Untuk metode penjodohan sendiri, Sukardi lebih memilih proses penjodohan secara alami dengan cara menyatukan beberapa ekor burung dewasa hingga mereka memilih pasangannya sendiri. Jika sudah berjodoh, burung yang sudah matang kelamin pasti berkembang biak dengan sendirinya. Dari menangkar dan menjual anakan burung jalak Bali bersertifikat, Sukardi bisa mengantungi keuntungan hingga Rp30 juta lebih setiap bulannya.

  0


500 Karakter

Foto Terkait

FOTO: Mengenal Tingkah Laku Musang yang Unik

FOTO: Mengenal Tingkah Laku Musang yang Unik

  15 Feb 2018 08:45 WIB WIB
Bagikan:          
FOTO: Melihat dari Dekat Aktivitas Binatang di Taman Safari Indonesia
Bagikan:          
FOTO: Mengenal Bentuk Serangga yang Sering Ditemui
Bagikan:          
FOTO: Burung-Burung Andalan Kicau Mania

FOTO: Burung-Burung Andalan Kicau Mania

  07 Agu 2018 13:45 WIB WIB
Bagikan: