FOTO: Peduli Lingkungan, Masjid Istiqlal Bungkus Daging Kurban dengan Besek

TrubusPhoto
By M. Iman P Perkasa | Followers 0
11 Agu 2019   14:04

Salah satu panitia menyiapkan wadah dari bambu (besek) untuk membungkus daging kurban. (TRUBUS/M. Iman P Perkasa)

Untuk mengurangi sampah plastik saat pembagian daging hewan kurban, Panita Masjid Istiqlal menggunakan wadah dari bamboo (besek).

“Panita menyediakan sebanyak 6000 besek berisi daging untuk di bagikan kepada warga Jakarta sekitarnya mamun mengutamakan warga sekitar Jakarta pusat. Masjid istiqlal menerapkan mengatar daging kesetiap yayasan atau masjid yang sudah di data sebelumnya” kata Bukhori, ketua pantia kurban Idul Adha.

Daging yang sudah di bungkus siap dibagikan untuk warga dengan berat masing-masing 1 kg. Sebelum dimasukkan ke dalam besek, daging terlebih dahulu di bungkus plastik ramah lingkungan yang mudah terurai agar darah atau air sisa daging tidak menetas. 

Daging yang akan dibagikan tentunya sudah lulus uji bebas cacing dan layak konsumsi dari perwakilan Dinas Kementerian Pertanian. Daging yang baru di potong langsung di cek, jika terdapat cacing bagian itu langsung diamankan dan dibuang.

Sebelumnya, Gubernur DKI, Anies Baswedan merekomendasikan untuk penggunaan besek bambu sebagai wadah daging kurban.

Rekomendasi tersebut disiarkan melalui Seruan Gubernur DKI No. 4 tahun 2019 tentang Pemotongan Hewan Kurban Dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1440H/2019. [NN]

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

FOTO : Geliat Rumah Produksi Tahu di Cakung

Ridwan Syamsu   Sosiopreneur
Bagikan:          
Bagikan:          

FOTO : Panen Jagung Menjelang Pergantian Tahun

Ridwan Syamsu   Sosiopreneur
Bagikan:          
Bagikan: