FOTO: Mengintip Proses Produksi Kerupuk Uyel di Bekasi

TrubusPhoto
By M. Iman P Perkasa | Followers 0
15 Agu 2019   18:18

Proses pembuatan kerupuk dimulai dengan memasukan adonan kemesin pencetak. (TRUBUS/M. Iman P Perkasa)

Jenis kerupuk yang paling poppuler di warung atau di kalangan masyarat salah satunya adalah krupuk putih atau disebut krupuk uyel. Kerupuk ini digemari karena sangat cocok sebagai teman makan bakso, soto dan beragam makanan lainnya.

Kebanyakan kerupuk putih di produksi di skala rumahan. Saah satunya di sebuah pabrik rumahan yang ada di bekasi ini.Pabrik ini sendiri sudah 20 tahun lebih memproduksi kerupuk uyel. Ade, salah satu pengelola pabrik menjelaskan, di tempatnya setiap hari bisa diproduksi sekitar 10.000 keping kerupuk mentah yang siap goreng. Kerupuk kering yang siap goreng ini meski tak menggunakan pengawet, jika disimpan kuat sampai 3 bulan.

Proses pembuatannya sendiri cukup panjang. Dimulai dengan proses pemuatan adonan yang digiling lalu dimasukan ke mesin cetak. Setelah itu, adonan yang sudah dicetak dikukus kembali selama 5 menit dengan suhu 100 derajat celcius. Uniknya, setelah dikukus, proses pengeringan di pabrik ini masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan terik matahari. Proses ini cukup makan waktu yang lama. Pasalnya, jika dijemur tidak sampai kering, rasadan kualitas kerupuk akan berkurang. 

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

FOTO : Geliat Rumah Produksi Tahu di Cakung

Ridwan Syamsu   Sosiopreneur
Bagikan:          
Bagikan:          

FOTO : Panen Jagung Menjelang Pergantian Tahun

Ridwan Syamsu   Sosiopreneur
Bagikan:          
Bagikan: