FOTO: Pelatihan Membuat Batik Ciprat di SLB Negeri Bekasi Jaya

TrubusPhoto
M. Iman P Perkasa
08 Agu 2019   18:15 WIB

FOTO: Pelatihan Membuat Batik Ciprat di SLB Negeri Bekasi Jaya

Tenaga pelatih tengah mempraktekan proses pembuatan batik ciprat di SLB Negeri Bekasi Jaya. (TRUBUS/M. Iman P Perkasa)

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus terus di jaga. Dari sekian jenis batik di nusantara, batik ciprat adalah salah satunya. Karena tergolong mudah dalam penerapannya, model inilah yang kemudian diajarkan kepada siswa SLB Negeri Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Endang Hariyano, Ketua pelaksana pelatihan batik ciprat di SLB Negeri Bekasi Jaya mengatakan, proses pembuatan batik ciprat pada dasarnya sama dengan cara membuat batik lain. Namun bedanya, proses pembuatan batik ciprat tidak menggunakan canting. Untuk membuat batik ciprat, digunakan lidi yang dikibas-kibaskan sehingga membuat pola batik saja. 

“Siswa dan siswi di SLB ini diajarkan dan dikenalkan cara membuat batik ciprat. Di sekolah ini memang difokuskan untuk banyak keahlian, agar menjadi bekal para siswa setelah lulus dari sekolah,” terang Endang belum lama ini.

Endang mengaku, keterampilan yang diajarkan di SLB Negeri Bekasi Jaya tidak hanya membatik. Banyak keterampilan lain yang terus dilatih secara intensif agar bisa menjadi bekal para siswa setelah luhus sekolah. Dengan memperbanyak sesi praktek, diharapkan siswa berkebutuhan khusus ini lebih mahir membuat beneka macam karya. 

  0


500 Karakter

Foto Terkait

FOTO : Geliat Rumah Produksi Tahu di Cakung

FOTO : Geliat Rumah Produksi Tahu di Cakung

  23 Des 2017 07:00 WIB WIB
Bagikan:          
FOTO : Warga Berburu Pernak - Pernik Natal di Pasar Pagi
Bagikan:          
FOTO : Panen Jagung Menjelang Pergantian Tahun

FOTO : Panen Jagung Menjelang Pergantian Tahun

  29 Des 2017 13:00 WIB WIB
Bagikan:          
FOTO : Berkah Penjualan Terompet Jelang Tahun Baru 2018
Bagikan: