FOTO: Sejumput Asa di Sepetak Sawah di Tengah Ibu Kota

TrubusPhoto
By Syahroni | Followers 2
15 Juli 2019   11:43

Di tengah padatnya ibu kota, masih ada sepetak lahan persawahan yang hasilnya bisa dimanfaatkan warga Jakarta. (TRUBUS/Syahroni)

Beras merupakan salah satu makanan pkok sebagian besar masyarakat di Indonesia. Namun sayangnya, meski kebutuhan beras msayarakat Indonesia tinggi, namun lahan untuk menanam padi kini terus mengalami penyusutan.

Di DKI Jakarta saja, luas areal persawahan sudha mulai menyusut. Bahkan bisa dikatakan, sudah mulai langka melihat pemandangan hamparan sawah di ibu kota. Namun demikian, jika kita jalan-jalan ke ujung utara ibu kota, tepatnya di kawasan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, pemandangan itu masih tersedia. Tidak banyak memang, namun cukup menyejukkan mata.

Di areal persawahan seluas 1,3 hektare ini lah Jasman berkarya. Menanam padi di areal persawahan yang berada di tengah himpitan gedung tinggi. Pria 60 tahun ini sudah 5 tahun menjalankan profesinya sebagai petani ibu kota. Namun hasilnya, cukup untuk menafkahi ke lima anaknya.

Dari hasil bertani, Jasman menyekolahkan anaknya. Bahkan kini, ke lima anaknya sudah lulus SMA semua. Namun demikian ia masih gundah. Karena areal sawahnya bukan milik dirinya. Ia adalah salah satu potret petani penggarap lahan yang belum terpakai. Suatu saat ketika waktunya tiba lahan itu digunakan, ia mungkin tidak bisa bertani lagi. 

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: