FOTO: Budidaya Ikan Guppy, Ikan Mungil Berwarna-warni Sang Pengantar Rezeki

TrubusPhoto
By Syahroni | Followers 2
16 Juli 2019   22:07

Ikan guppy white tuxedo, salah satu jenis ikan guppy yang dibudidayakan di farm milik Bagus. (TRUBUS/Syahroni)

Ikan hias memiliki ragam jenisnya. Namun demikian, ikan hias jenis guppy sudah cukup lama punya peminatnya sendiri. Apalagi kini, ikan guppy yang dulunya hanya bisa dijumpai di selokan, kini sudah banyak dikembangkan dan menghasilkan warna yang beragam.  

Salah satu pembudidaya ikan guppy dengan beragam warna ini adalah Bagus. Sudah 5 tahun belakangan ia menekuni usaha budidaya ikan hias mungil berwarna-warni ini. Kepada Trubus.id belum lama ini, Bagus membocorkan rahasia bagaimana ia berhasil mengembangbiakan ikan ini.

Bagus menyebut, hal pertama yang harus dilakukan sebelum memelihara ikan guppy adalah menyiapkan air yang sudah diendapkan selama 3 hari. Tujuannya, agar kadar oksigen terlarut dalam air bertambah dan menstabilkan derajat keasamannya. Kemudian hal lain yang harus diperhatikan adalah pakan. Di parfm miliknya di kawasan Karangsatria, Tambun Utara, Kota Bekasi, Bagus kerap memberikan cacing sutra dan pelet sebagai pakan utama ikan-ikannya.

Langkah selanjutnya ialah menyiapkan indukan. Bagus menyebut, ia biasa mennggunakan sistem kawin masal dengan menjodohkan 2 jantan dan 3 betina dalam satu wadah ternaknya. Setelah induk melahirkan anak-anaknya, 3 hari kemudian induk dipisah dengan anaknya. Setelah usia 3 bulan, barulah ikan-ikan tersebut siap dijual.

Omset yang didapat Bagus selama mengembangbiakkan ikan guppy ini juga tergolong fantastis. Ia biasa mendapatkan omset senilai Rp15-20 juta per bulannya. Wajar saja, sepasang ikan guppy hasil budidayanya bisa dihargai mulai dari Rp75 ribu hingga Rp300 ribu per pasangnya. Namun yang menggiurkan adalah ketika  ia berhasil menjualnya ke pasar mancanegara. Sepasang ikan guppy dari farm miliknya jika diekspor dihargai Rp500r ibu -1juta per pasangnya. 

Adapun beberapa jenis ikan guppy yang dikembangkan antara lain adalah ikan guppy jenis hat black white, albino red mozaik, albino white tuxedo, red mozaik, dan banyak lainnya. Bagaiman, tertarik menncoba mengembangnkan ikan selokan berwarna indah ini?

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: