FOTO: Melirik Sentra Produksi Blangkon di Surakarta

TrubusPhoto
By Hadi Nugroho | Followers 0
05 April 2019   18:01

Blangkon khas Solo dengan ciri bentuk mendolan trepes. (TRUBUS/Hadi Nugroho)

Blankon adalah salah satu bagian dari pakaian adat khas Jawa yang digunakan untuk penutup kepala bagi pria sebagai pelindung dari sengatan matahari atau udara dingin. Awalnya terbuat dari kain iket atau udeng berbentuk persegi empat bujur sangkar. Namun mengenakan iket dengan segala aturannya ternyata tidak mudah dan memakan waktu, maka timbullah gagasan seiring dengan kemajuan pemikiran orang dan seni untuk membuat penutup kepala yang lebih praktis, yang kemudian kita kenal dengan nama blangkon.

Dahulu, blangkon hanya boleh dibuat oleh para seniman keraton dengan pakem (aturan) yang baku. Seperti halnya keris dan batik. Semakin blangkon yang dibuat memenuhi pakem, maka blangkon itu akan semakin tinggi nilainya. Namun kini, blangkon sudah banyak dibuat oleh banyak kalangan. Pun demikian, motif-motifnya masih disesuaikan dengan budaya yang telah ada sejak zaman dahulu.

Salah satu sentra yang memproduksi blangkon bisa dijumpai di Kelurahan Serengan, tepatnya di Jalan Sadewo, Surakarta. Di lokasi ini, beragam motif blangkon bisa dijumpai. Model blangkon pun beragam. Dari blangkon Solo hingga blangkon Jogja. Husni Blangkon, salah satu produsen di sentra tersebut sudah memproduksi blangkon selama 3 generasi. Rudi, pengrajin di Husni Blangkon mengatakan, setiap harinya dia bisa membuat 20 blangkon. Blangkon karyanya banyak dipesan dari berbagai daerah seperti Kota Jogja, Solo, hingga Sumatera selatan, Lampung, dan banyak wilayah lain di luar pulau Jawa. Harga yang ia tawarkan pun bervariatif. Mulai dari Rp.250 ribu perkodi, tetapi juga menerima pesanan satuan dengan kualitas baik minimal harga Rp50 ribu. [RN]

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

FOTO : Geliat Rumah Produksi Tahu di Cakung

Ridwan Syamsu   Sosiopreneur
Bagikan:          
Bagikan:          

FOTO : Panen Jagung Menjelang Pergantian Tahun

Ridwan Syamsu   Sosiopreneur
Bagikan:          
Bagikan: