FOTO: Untung Besar, Budi Daya Burung Perkutut di Rumah

TrubusPhoto
By Hadi Nugroho | Followers 0
21 Mar 2019   18:27

Aan Krisnawan memanfaatkan sebagian lahan di rumahnya untuk budidaya burung perkutut. (TRUBUS/Hadi Nugroho)

Tak perlu lahan khusus yang luas untu bisa memulai ternak burung perkutut. Di teras rumah pun, ternak perkutut bisa dilakukan. Seperti yang dilakoni Aan Krisnawan(48) ini contohnya. Di pelataran rumahnya yang berada di Perumahan Depok Mulya III AB, No 6, Depok, ia mengembangbiakkan burung perkutut ini. Sejak memulai budidaya di tahun 2017, sudah ratusan burung perkutut ia hasilkan.

Namun demikian, di rumah sekaligus peternakan perkutut yang ia berinama Langgam Mahardika ini, Aan hanya menernakkan burung perkutut Bangkok. Perkutut jenis ini membutuhkan perlakuan khusus agar bisa diternak. Namun dengan tangan dinginnya, Aan berhasil mengembangkan burung perkutut bangkok ini.

Saat ini, di farm miliknya, ada 33 kandang burung perkutut yang semuanya terisi dengan induk produksi. Setiap bulannya, Aan sendiri mengaku dapat memanen 8 sampai 10 ekor anakan perkutut bangkok berkualitas. Pun demikian, keuntungan yang didapat dari jumlah ini sudah cukup memuaskan. pasalnya, harga anakan perkutut yang dihasilkan di Farm Langgam Mahardika ini bisa diharga mulai dari ratusa hingga jutaan rupiah per ekornya

Kepada Trubus.id, Aan pun sempat membebrikan beberapa tip dalam perawatan burung perkutut. Salah satu yang wajib dilakukan di antaranya adalah memandikannya dengan air sisa cucian beras. Seperti apa info detailnya, yuk kita saksikan foto berikut ini.

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: