FOTO: Mencipta Masa Depan Indonesia Sehat Sejak Dini

TrubusPhoto
By Hadi Nugroho | Followers 0
05 Mar 2019   12:31

Untuk menyongsong masa depannya yang gemilang, bayi ini telah mempersiapkan diri sejak dini dengan cara rutin memantau pertumbuhan dan kesehatannya. (TRUBUS/Hadi Nugroho)

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), kegiatan swadaya masyarakat di bidang kesehatan ini sampai hari ini masih tetap berlangsung. Mereka yang mendapatkan layanan kesehatan di sini adalah para bayi, balita dan juga lansia.

Keigiatan ini dilakukan setiap bulan sekali. Tujuannya, selain untuk mempercepat penurunan angka kematian bayi, anak balita juga untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatankesehatan dan lainnya.

Data dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kemenkes RI, 2018 per tanggal 14 Februari 2018 menyebutkan jumlah Posyandu di Seluruh Indonesia adalah 291.447. Dari sebanyak itu yang aktif hanya 164.867 atau 56,57 persen.

Salah satu Posyandu yang aktif adalah Posyandu Melon yang berada di RW 11, Kelurahan Tanah Baru, Beji Depok.

"Setiap bulannya minggu pertama diadakan penimbangan bayi dan balita serta pemberian vitamin A dan imunisasi bagi yang memerlukannya, " ujar Isna salah satu kader.

Setiap kegiatan Posyandu ini juga didampingi bidan yang memberikan imunisasi dan konsultasi perkembangan anak dan balita.

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: