FOTO: Tas Bambu Unik dari Limbah Sungai Ciliwung

TrubusPhoto
By Hadi Nugroho | Followers 0
24 Jan 2019   10:48

Tas bambu dengan grafir peta Indonesia. (TRUBUS/Hadi Nugroho)

Bambu termasuk tanaman jenis rumput-rumputan yang terdapat rongga dan ruas di batangnya. Pertumbuhan pohon bambu sangat cepat. Karena itu produksi bambu di Indonesia cukup melimpah. Mirisnya, karena saking banyaknya, bambu banyak yang berakhir di tempat sampah atau aliran sungai sehingga menyebabkan penyumbatan.

Untungnya, di tangan Komunitas Ciliwung Depok yang bermarkas di bawah Jembatan Grand Depok City (GDC), bambu yang dibuang di aliran sungai dimanfaatkan kembali. Mereka mengkreasikan bambu tak terpakai yang mereka temukan di aliran sungai Ciliwung. Bambu-bambu tersebut diolah sedemikian rupa sehingga menjadi beragam barang yang memiliki nilai seni.Di antaranya Tas selempang, kap lampu jam dan lain-lain.

Kegiatan ini sendiri digagas oleh Trisna Rengganis (29), salah seorang relawan Komunitas Ciliwung Depok. Ide ini sendiri muncul ketika ia melihat banyak limbah bambu yang hanyut di sungai. Karena itu ia tercetus untuk memanfaatkannya hingga memiliki nilai ekonomis. Dalam satu minggu, komunitas ini bisa memproduksi 4 sampai 5 tas dari bambu. "Bagi yang ingin membuat sesuai selera bisa custom," ungkap Rhonald Valentpay (32), relawan lain yang terlibat dalam kerajinan bambu ini. Bambu- bambu yang dipakai untuk berkreasi ada 3 jenis yaitu bambu Andong, hitam dan bambu Ampel. Untuk harga kisaran Rp100 ribu sampai Rp500 ribu dengan cara pemasaran lintas komunitas. Hebatnya lagi, tas-tas bambu ini ternyata juga sudah diperkenalkan hingga ke Jepang loh.

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

FOTO : Geliat Rumah Produksi Tahu di Cakung

Ridwan Syamsu   Sosiopreneur
Bagikan:          
Bagikan:          

FOTO : Panen Jagung Menjelang Pergantian Tahun

Ridwan Syamsu   Sosiopreneur
Bagikan:          
Bagikan: