FOTO: Jerapah, Mamalia Berleher Panjang yang Suka Begadang

TrubusPhoto
By Hadi Nugroho | Followers 0
17 Jan 2019   15:09

Jerapah dengan wajah yang berkarakter. (TRUBUS/Hadi Nugroho)

Di habitat aslinya, jerapah bisa tumbuh hingga setinggi 5,8 meter. Corak tubuhnya yang lucu membuat satwa ini cukup disukai anak-anak. Hebatnya, setiap jerapah memiliki motof berbeda satu sama lainnya.

Fakta lain soal jerapah, ternyata hewan berleher panjang ini hanya memiliki waktu tidur yang relatif singkat loh. Yah, jerapah bisa tertidur saat posisi berdiri dan berbaring seperti hewan mamalia lain pada umumnya. Namun ketika ia menutup matanya untuk tidur siang, waktu yang terbuang hanya sekitar 3 sampai 5 menit. Ketika malam tiba, waktu tidur jerapah juga singkat. Mereka hanya butuh waktu 20 menit untuk tidur malamnya.

Jerapah juga memiliki tanduk yang terbuat dari tulang rawan. Tanduk ini yang membedakan jerapah jantan dengan betina. Biasanya, jerapah betina memiliki jumbai bulu di bagian atas tanduknya. Sedangkan yang jantan tidak punya. Jerapah dengan makanan pokok dedaunan dan rumput memiliki kaki depan lebih panjang dari belakang yang berfungsi untuk menahan otot-otot pangkal lehernya. Kaki depannya juga mempermudah jerapah saat mendaki lereng.

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: