FOTO: Memahami Interaksi Burung Hantu Demi Kemajuan Konservasi

TrubusPhoto
By Hadi Nugroho | Followers 0
26 Nov 2018   17:39

Tatapan tajam Mengamati mangsa. (TRUBUS/Hadi Nugroho)

Mitos burung hantu yang menyeramkan kini telah mulai sirna. Buktinya, sudah banyak masyarakat yang memelihara burung yang aktif di malam hari ini. Apalagi bagi para petani. Yah, petani banyak yang memelihara burung pemangsa ini untuk menjaga sawah mereka dari serangan hama tikus.

Di perkotaan sendiri, burung hanintu juga banyak ditemui sebagai hewan peliharaan. Padahal burung hantu adalah burung dilindungi. Karena itu, sebelum memelihara burung ini, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Hal itulah yang terus diedukasi komunitas Depok Owl Community (DOC). Sejak terbentuk 2015 silam, komunitas ini sudah banyak mengedukasi masyarakat tentang burung hantu. Tak hanya kepada masyarakat yang hendak memelihara, sudah memelihara dan ingin melepas burung hantu peliharaan mereka.

Menurut komunitas ini, burung hantu atau owl sama juga dengan hewan yang lain yang perlu dilestarikan. Karenanya, setiap 1 tahun sekali DOC mengagendakan pelepasliaran burung hantu ke alam bebas. Biasanya burung yang dilepaskan di dapat penyelamatan dan hibah dari para pemilik Owl yang mulai sadar akan kelestarian burung ini. 

"Kami tidak menyarankan bagi yang belum memelihara owl untuk memeliharanya, dan kami memberikan training pemeliharaan bagi yang telah terlanjur memilikinya" ujar Rizal, ketua DOC.

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: