FOTO: Ular Cobra, Eksotis Namun Mematikan

TrubusPhoto
By Hadi Nugroho | Followers 0
12 Nov 2018   15:57

Ular Cobra Jawa atau Naja Sputatrik memiliki tatapan tajam dengan warna hitam yang menawan. (TRUBUS/Hadi Nugroho)

Ular cobra merupakan salah satu jenis ular berbisa yang banyak dijumpai di pulau Jawa. Sama seperti ular lain pada umumnya, cobra juga mendeteksi lingkungan dengan menjulurkan lidahnya. Ketika bahaya atau mangsa datang, ular ini baru menyemburkan bisanya yang mengandung Neurotoxin dan Hemotoxin untuk melumpuhkan lawannya. Di Indonesia ada dua jenis ular cobra, yaitu. Cobra Jawa atau Naja sputatrik dan Cobra Sumatra atau Naja sumatrana.

Muhammad Dzawil Arham atau akrab disapa Gaja (23), anggota SIOUX, Yayasan Ular Indonesia yang bergerak di snake Rescue/penanganan ular dan edukasi tentang ular mengatakan, selain mengandung Neurotoxin dan Hemotoxin, bisa ular cobra juga mengandung 90% protein dan 10% Enzim yang memiliki dampak kerusakan bagi korbannya.

Agar terhindar dari bahaya akibat serangan ular cobra, Gaja memberikan tipsnya kepada pembaca setia Trubus.id. Gaja menyebut, langkah pertama yang harus dilakukan ketika bertemu ular ini adalah dengan menenangkan diri dan tidak membuat gerakan yang memprovokasi. Ia menyebut, ular akan secara otomatis mempertahankan diri dengan menyerang jika terprovokasi. Selanjutnya, ia juga menyarankan agar tidak menangkap ular tanpa kemampuan ataupun pengalaman serta alasan yang kuat seperti penelitian atau mengancam keselamatan. Selanjutnya, jika dirasa perlu untuk menyingkirkan, gunakan alat bantu seperti tongkat atau kayu agar ada jarak untuk meminimalisir resiko serangan ular.

"Dan satu lagi Jangan dibunuh, karena ular adalah salah satu faktor penting dalam keseimbangan alam" ungkap Gaja. [RN]

 

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: