FOTO: Jejak Kujang Padjajaran, Pusaka Tanah Pasundan

TrubusPhoto
By Hadi Nugroho | Followers 0
02 Nov 2018   16:36

Kujang Naga yang masih belum sempurna. (TRUBUS/Hadi Nugroho)

Pada zaman dahulu, kujang biasa dipakai sebagai alat pertanian dan juga simbol dari kerajaan dan jajarannya. Seiring berjalannya waktu, kujang Pajajaran kini sudah menjadi pusaka dan juga dijadikan aksesoris yang mencirikan budaya Sunda. Untuk melestarikan budaya Sunda ini, Abah Wahyu Affandi Suradinata B.SC (70), membuat dan menempa kujang agar identitas pusaka Padjajaran ini tidak punah.

Sejak tahun 1995, Abah wahyu sudah membuat kujang. Sampai saat ini, bengkel kerajinannya sudah memiliki 6 orang pegawai yang membantu. Kujang yang dibuat berupa pusaka yang tentunya setiap pusaka mencirikan si pemesan. Selain membuat pusaka, di bengkel kerajinan Kujang Padjajaran ini juga diproduksi kujang cinderamata.

Adapun harga untuk pembuatan pusaka kujang sangat bervariatif. Harganya mulai dari Rp900 Ribu. Sementara untuk sovenir dijual mulai dari Rp15 Ribu sampai Rp250 ribu. Kujang Pajajaran memiliki 7 jenis yaitu, Kujang Ciung, Kujang Kuntul, Kujang Jago, Kujang Naga, Kujang Badak, Kujang Bangkong dan Kujang Wayang. Kujang-kujang ini terbuat dari bahan campuran seperti baja, stainles, baja damascus, kuningan  dan untuk titik pada kujang menggunakan emas. Kujang buatan Abah Wahyu ini sudah menyebar di wilayah Indonesia dan bahkan sampai kemancanegara seperti Belanda, China, Brunay Darussalam dan Malaysia.

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

FOTO : Geliat Rumah Produksi Tahu di Cakung

Ridwan Syamsu   Sosiopreneur
Bagikan:          
Bagikan:          

FOTO : Panen Jagung Menjelang Pergantian Tahun

Ridwan Syamsu   Sosiopreneur
Bagikan:          
Bagikan: