FOTO: Berburu Kopi Luwak di Alam

TrubusPhoto
By Hadi Nugroho | Followers 0
08 Okt 2018   13:53

Menikmati kopi luwak di pinggir sungai Paseban, Megamendung, Puncak, Kabupaten Bogor. (TRUBUS/Hadi Nugroho)

Siapa yang tak kenal kopi luwak. Kopi jenis ini merupakan salah satu jenis kopi yang paling banyak dicari para pecinta kopi di seluruh antero dunia. Kopi luwak sendiri dihasilkan dari hewan luwak atau musang. Hewan ini memakan kopi yang sudah matang dan membuang bijinya lewat kotorannya. Melalui proses fermentasi alami di perut luwak inilah kopi bercita rasa tinggi ini dihasilkan.

Salah satu penghasil kopi luwak bisa ditemui di pegunungan Paseban, Megamendung, Puncak, Bogor. Di sini, ada perkebunan kopi robusta seluas 30 hektar. Dah sudah menjadi kebiasaan warga sekitar, mereka berburu kotoran luwak di sekeliling areal perkebunan untuk dijadikan kopi luwak yang nikmat.

Setiap harinya, Ujang pun melakukan hal yang sama. Kala pagi menjelang, Ujang sudah mendaki pegunungan Paseban untuk mencari kotoran luwak. Dengan jeli, matanya mencari gundukan kotoran luwak yang mengandung biji kopi pilihan luwak itu sendiri. Luwak-luwak yang memakan buah kopi di perkebunan ini adalah luwak liar yang tentunya dapat menghasilkan biji kopi luwak yang berkualitas baik. Tak salah jika harganya pun relatif lebih tinggi dibanding dengan kopi yang dihasilkan luwak peliharaan.

0   0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Foto Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: